Gaji Lulusan Teknik Kelautan ITB

Belum lama ini beredar artikel heboh di beberapa media sosial yang berjudul “Gaji Lulusan ITB”. Siapa yang tidak tertarik untuk membahasnya?😀 Soal gaji ini memang menarik, apalagi buat para freshgraduate yang sedang memilih jalur karir, buat mahasiswa yang butuh motivasi menyelesaikan kuliah, dan buat anak2 SMA yang sedang bingung memilih jurusan. Di artikel tersebut disebutkan urutan nilai gaji para alumni yang sudah bekerja 2-3 tahun dan peringkat gaji tertinggi dari masing-masing jurusan di ITB. Nah, karena blog ini membahas tentang Teknik Kelautan, mari kita simak dan teliti berapa gaji lulusan Teknik Kelautan ITB dan ada pada peringkat berapa diantara jurusan lain di ITB?

Sekedar pendahuluan, artikel yang membahas gaji lulusan ITB bersumber pada hasil tracer study yang diadakan oleh ITB Career Center secara rutin tiap tahun dari tahun 2010. Angkatan pertama yang sudah disurvei adalah angkatan 2004, 2005, 2006, dan terakhir taun ini adalah angkatan 2007. Tahun depan siap2 karena saya sebagai angkatan 2008 lah yang akan disurvei, hihi. Mengenai metode survei dan data yang diambil, tidak akan saya jelaskan disini, silahkan buka laporan tahunan yang sudah ada. Data yang diambil banyak sekali dan cukup detail, tapi karena kita membahas hal yang menarik, yaitu gaji, maka saya persempit data yang akan saya bahas, yaitu:

  • Presentase responden, yaitu presentase alumni yang mengisi survei
  • IP rata2, yaitu besar Indeks Prestasi para alumni yang mengisi survei
  • Jenis pekerjaan, misalnya bekerja, wirausaha, melanjutkan studi, dll
  • Kesesuaian studi dengan bidang pekerjaan
  • Jenis perusahaan, lokal, nasional, atau multinasional
  • Jumlah gaji
  • Peringkat di ITB (gaji)

Nah, dari 3 laporan tracer studi yang saya dapat, akan saya olah dan tampilkan data2 diatas dalam bentuk tabel agar mudah diikuti. Berikut tabelnya:

Data / Angkatan tracer study 2004 2005 2006 2007
Presentase responden (% mengisi:tidak) 62 : 38 91 : 9 98.25 : 1.75 91.5 :8.5
IP rata2 3.05 3.10 3.17 3.12
Jenis pekerjaan (% bekerja : studi : usaha) 89 : 7 : 8 83 : 9 : 3 85.5 : 9 : 3.6 80 : 15 : 2
Kesesuaian studi (% sesuai : tidak) 68 : 32 97 : 3 87 : 13 90.7 : 9.3
Jenis perusahaan (% lokal : nasional : mnc) 24 : 28 : 48 13 : 31 : 65 15 : 40 : 45 16: 26 : 58
Jumlah gaji (Rp) * 15.762.582 10.537.616
Peringkat di ITB (gaji) * 11 14

*Note: sudah saya cari2 lagi dokumennya tapi tidak pernah ditemukan, tapi seingat saya, Teknik Kelautan berada di posisi 4 untuk angkatan 2005 dengan rata2 gaji sekitar Rp 18 juta per bulan.

Nah, berbagai kesimpulan yang saya dapat dari angka diatas, juga berdasarkan hasil ngobrol dengan beberapa teman, adalah sebagai berikut:

  • Alumni Teknik Kelautan memang sebagian besar bekerja kantoran di Jakarta dan kota besar lainnya menjadi konsultan dan berada di posisi Junior Engineer, sehingga gajinya tidak terlalu besar, antara 5-10 juta per bulan hitungan kasar, tapi akan meningkat drastis gajinya saat naik posisi menjadi Senior Engineer, dengan gaji 10-20 juta per bulan dalam kurun waktu pengalaman 3-5 tahun saja.
  • Kenapa angka rata2 gaji diatas bisa tinggi, karena banyak juga alumni yang memiliki gaji sangat tinggi, sehingga bisa menaikkan nilai gaji rata2.
  • Alumni tersebut biasanya bekerja di luar negeri, bekerja di lapangan (offshore), atau ber-wirausaha. Dari ketiga kategori tersebut, gajinya sangat tinggi melebihi standar.
  • Tapi perlu diingat, para alumni yang bergaji tinggi tersebut juga bekerja sangat keras dengan tekanan tinggi (di luar negeri), waktu yang cukup lama di laut/area terpencil (lapangan/offshore), dan penuh resiko tinggi (wirausaha)
  • Yang bergaji rendah pun tidak perlu berkecil hati, karena rendahnya gaji anda dibayar dengan kenyamanan hidup, kerja yang cukup santai, dan waktu luang untuk beraktivitas, bersenang-senang, atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Semua ada untung-ruginya.

Nah, kesimpulannya, Teknik Kelautan tentu cukup menjamin masa depan para alumninya dengan data pemasukan yang cukup tinggi.

2 Responses to “Gaji Lulusan Teknik Kelautan ITB”

  1. Awan-P47 Says:

    Yang rate segitu bisanya kalau masuk di bidang oil and gas mas. Memang rate untuk oil and gas termasuk tinggi buat engineer, ga cuma kelautan doang. Tapi kelautan termasuk jurusan most wanted di oil and gas walaupun akredetasinya B sekalipun disamping petrolium, geologi, perkapalan/marine etc. Swaktu msh freshgrad dlu juga udh mencapai 3-4 kali umr jakarta.

    • oceanoblogi Says:

      hmm sekedar info mas, di Teknik Kelautan ITB lulusannya tidak hanya masuk bidang oil and gas, tetapi juga bidang pelabuhan dan coastal lainnya. Info yang diketahui banyak orang, gaji Pelindo II cukup besar, dan banyak alumni Teknik Kelautan disana cukup banyak. Selain itu perusahaan coastal multinasional yang masuk ke Indonesia juga menggaji cukup besar. Silahkan liat2 infonya, yang bergaji besar tidak hanya oil and gas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: