Jembatan vs Pelabuhan

Pemerintahan Jokowi memutuskan tidak akan meneruskan proyek Jembatan Selat Sunda. Ada 2 alasan utamanya adalah seperti yang ditulis di berita tersebut, yaitu agar tidak terjadi ketimpangan konsentrasi ke barat, dan agar membangun bukan untuk kepentingan segelintir orang. Setidaknya ada satu hal yang saya fokuskan pembahasannya disini, yaitu mengenai pembiayaan proyek. Saya setuju JSS tetap dibangun SEKARANG asalkan dengan dana swasta tapi regulasi dan pengaturan di tangan pemerintah.

Alasan saya sederhana. Infrastruktur harus berkembang. Saat kebutuhan transportasi jawa sumatra katakanlah nanti sangat tinggi, apakah mungkin kita harus terus mengandalkan pelabuhan dan kapal2 untuk hilir mudik? Mau butuh berapa kapal yang jalan bolak balik Merak-Bakauheuni? Sementara ada juga traffic kapal besar yang melintasi Selat Sunda, yang nantinya membuat Selat Sunda akan sangat penuh. Mungkin tidak se-lebay itu, tapi saya yakin suatu saat demand transportasi Jawa-Sumatra sangat tinggi, yang mana hanya bisa diatasi dengan pembangunan jembatan. Ada suatu masa nantinya ketika transportasi menggunakan kapal dan pelabuhan tidak efektif, jauh lebih efektif menggunakan jembatan. Hanya saja masalahnya sekarang belum efektif, kalau pakai UANG NEGARA. Atas nama pembangunan, lebih baik diserahkan ke swasta apabila mau dibangun saat ini. 

Saya memang lulusan Teknik Kelautan, tapi saya tidak mau berpikir sempit dan egois dan selalu mengagung2kan pelabuhan, padahal pelabuhan juga punya batasan, batasan traffic, batasan efisiensi. Saya tekankan lagi, pelabuhan ada maksimalnya. Mau bagaimana juga, lebih mudah dan cepat memindahkan manusia, barang, kendaraan lewat jembatan daripada harus nunggu di pelabuhan, naik kapal, kapal jalan, turun kapal, baru bisa jalan lagi. Mau sebagus apapun fasilitas pelabuhan, secanggih apapun pelabuhan, kalau konteks Jawa-Sumatra, lebih cepat dan efisien menggunakan jembatan. Jembatan dalam arti luas, bisa ada 4 jalur rel disitu untuk mendukung transportasi publik.

Nah, kembali soal pembiayaan, kalau sekarang swasta mampu, silahkan bangun jembatan. Pemerintah tetap mengawasi dan mengatur, agar efek samping pembangunan bisa ditekan. Saat jembatan sudah ada, fokus pemerintah beralih, uruslah pelabuhan di tempat lain yang belum terdukung, agar tempat lain lebih maju. Kan masalahnya sekarang adalah uang negara jgn sampai pemborosan. Nah kalau swasta yang membangun, apa masalahnya. Swasta tentu punya itung2an sendiri, pemerintah juga. Kalau itung2an dan alasannya ketemu klop, so what? Masalah ketimpangan barat, ya gpp, karena yang timur, itu baru diurus pakai dana pemerintah. Kan dana pemerintah gak jadi dipakai untuk bangun JSS. Masalah menguntungkan segelintir orang, ya pasti karena swasta memikirkan aspek bisnis. Lalu memang kenapa kalau ada segelintir orang lain yang untung, kan yang penting jangan sampai ada orang, pihak, atau daerah yang rugi? Itulah gunanya pemerintah, buat regulasi agar efek samping kerugian bisa ditekan, sampai ke nol.

Sori agak OOT dikit, saat ada investor membangun, kenapa orang selalu mengatakan nanti dia akan untung sendiri. Sebenarnya buat saya gak masalah, karena juga memang negara tidak punya uang, dan mending dana nya digunakan untuk hal lain. Dalam hal ini, uang nya bisa untuk pembangunan daerah timur atau memperbaiki fasilitas pelabuhan di tempat lain. Tetep harus diperbaiki layanan pelabuhan di tempat lain. Dalam hal lain, apabila JSS dibangun pihak swasta, mestinya pemerintah tidak rugi apapun.

*

Tulisan diatas adalah hasil pemikiran singkat, banyak pro-kontra, masih membutuhkan diskusi lebih lanjut. Tulisan saya tidak sebagus lisan dalam mengemukakan gagasan, diskusi offline sangat saya nantikan. Agar topik bahasan lebih fokus ke permasalahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: