Welcome New Ocean Engineer!

Tahun lalu jurusan saya, Teknik Kelautan ITB, berbangga atas pencapaian pertama kali di ITB dalam meraih akreditasi ABET, akreditasi engineering tingkat dunia. Kali ini, keluarga besar kita lagi-lagi berbahagia. Beberapa minggu terakhir, adalah masa kritis penjurusan mahasiswa tingkat pertama untuk memilih jurusan. Teknik Kelautan, yang tergabung dalam Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, menerima mahasiswa baru untuk angkatan 2011. FYI, bagi yang belum tahu, penjurusan mahasiswa di ITB dilakukan pada tingkat 2. Pada tingkat 1, mahasiswa masih tergabung dalam fakultas, belum dalam jurusan. Pemilihan jurusan berdasarkan pada minat dan kemampuan yang dilihat dari nilai selama tahun pertama di ITB.

Kebahagiaan kita terpancar dari minat mahasiswa untuk masuk Teknik Kelautan yang meningkat cukup drastis dari tahun-tahun sebelumnya. Dari kuesioner untuk mahasiswa tingkat pertama ITB yang dilaksanakan 3 kali, masing-masing menunjukkan angka yang lebih bagus dari sebelumnya. Selain itu, dari kuesioner pertama hingga ketiga, juga menunjukkan peningkatan, hingga akhirnya mencapai jumlah peminat 64 orang ( koreksi saya bila lebih😀 ). Masalahnya adalah, selama ini mahasiswa KL satu angkatan hanya berjumlah 50-60. Kita OVERQUOTA! Kita kelebihan peminat sementara ada satu jurusan lain dalam fakultas yang masih kekurangan peminat. Luar biasa!

Baru pada kemarin, saya mendengar kabar dari dosen saya, Bu Nita, bahwa diadakan rapat dosen yang membahas kepastian jumlah mahasiswa, yang ternyata meningkat lagi dari 64 orang peminat menjadi total 79 mahasiswa! Bertambah 20 orang dari angkatan2 sebelumnya. Kebahagian meluap, keluar dari twitter yang terucap dari Bu Nita yang sontak direspon oleh banyak sekali mahasiswa, alumni dan civitas akademika ITB lainnya.

Jumlah mahasiswa memang bukan ukuran atau patokan kualitas sebuah jurusan. Tapi kita boleh berbangga karena minat mahasiswa untuk masuk Teknik Kelautan sangat besar. Sebagai jurusan baru ( berdiri tahun 1994 ), Prodi KL ( Teknik Kelautan ) wajar apabila mahasiswa cukup sedikit, tapi kita senang karena mahasiswanya bertambah terus. Mengingat setelah dihitung dan dilihat, kebutuhan industri dan lapangan kerja di bidang Teknik Kelautan sangat besar. Dengan bertambahnya jumlah mahasiswa baru ini, pasokan untuk dunia kerja lebih besar, chance untuk dunia kelautan Indonesia agar semakin berkembang jauh lebih besar.

Selamat datang mahasiswa Teknik Kelautan angkatan 2011!

Let’s grow up together, untuk dunia Kelautan Indonesia,

2 Responses to “Welcome New Ocean Engineer!”

  1. Saatnya Diamini Says:

    gimana perkembangan kelautan di ITS?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: