Be an Ocean Hero!

Iseng2 blogwalking, nemu link ini . Situs ini adalah situs milik Oceana, lembaga yang bertujuan untuk melestarikan laut dan kehidupannya. Link tadi berisi usulan nominasi calon penerima penghargaan Ocean Heroes, sebuah penghargaan bergengsi yang diadakan setahun sekali oleh Oceana untuk orang2 maupun organisasi yang dianggap menginspirasi dan berjasa dalam konservasi laut. Penghargaan ini diberikan tiap tengah tahun atau saat summer. Tahun ini penghargaan dibagi 3 kategori, yaitu :

  • I pledge to clean my local waterway
  • I pledge to recycle
  • I pledge to eat sustainable seafood

Sebetulnya saya masih bingung dengan 3 kategori diatas, karena kayaknya aneh, terlalu simpel, dan bidang kategorinya sempit sekali. Lalu saya lihat2 link pemenang tahun2 sebelumnya, dan mendapati banyak nominasi dan pemenang tahun2 sebelumnya. Ternyata hal yang dilakukan bermacam-macam sekali. Ada yang mensosialisasikan dunia renang dan selam untuk mencintai laut, ada juga yang menciptakan kreasi budidaya seafood yang sustainable. Dan masih banyak lagi. Profesi dari pemenang pun bermacam-macam, dari marine biologist , guru, hingga anak-anak yang memimpin grup kecil tentang konservasi hewan laut.

Yang membuat saya penasaran dan tergelitik, diantara para pemenang tersebut, saya lihat hanya ada satu yang berprofesi sebagai engineer. Dia adalah Dirk Rozen, seorang deepwater engineer, yang menjadi founder organisasi Marine Applied Research and Exploration. Beliau menyabet penghargaan karena melakukan survey bawah laut dan pemetaan zona kawasan lindung dan penelitian tentang efek perlengkapan penangkapan ikan. Beliau menggunakan teknologi khas engineer, dengan melakukan metode seperti engineer, yaitu rekayasa. Berbeda dengan pemenang2 lain yang lebih menitikberatkan pada gerakan sosial dan komunitas.

Lari ke Indonesia, apakah ada penghargaan serupa? Setau saya belum, koreksi bila salah. Banyak tokoh2 dan organisasi2 penting yang layak diapresiasi karena berjasa pada perkembangan dunia kelautan Indonesia. Siapa yang tahu pemimpin pelestari lingkungan dan terumbu karang di Bunaken, Karimunjawa, dan Raja Ampat? Siapa yang tahu profil pembuat kapal terbesar di Indonesia yang disegani? Siapa yang tahu jagoan2 pembangun pelabuhan di Indonesia? Padahal, penghargaan semacam ini diperlukan, sebagai pendorong majunya dunia kelautan Indonesia, dari segala sisi, terutama masalah konservasi, biologi, sosial ekonomi, perikanan, dan terakhir, ocean technology. Maju terus teknologi kelautan Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: