Singapore Marina Barrage

Singapore Marina Barrage adalah salah satu rekayasa Teknik Sipil, terutama Teknik Kelautan, yang uniknya, mampu memberi solusi yang sangat luas bagi masalah yang dialami negara Singapura. Sistem struktur bangunan ini mampu menjawab permasalahan yang sudah hampir 50 tahun menghantui negara Singapura sejak negara tersebut merdeka, yaitu :

  • Masalah banjir, bangunan ini menjadi solusi banjir karena menahan banjir dan gelombang dari laut
  • Masalah minim air bersih, bangunan ini sebagai tembok urban reservoar air tawar ( fresh water ) terbesar di Singapura seluas 10.000 Ha.
  • Kurangnya fasilitas, landmark, dan ruang terbuka untuk warga Singapura, Marina Barrage sebagai sarana bermain, olahraga air, dan hiburan lainnya

Tak heran maka sistem struktur yang menghabiskan dana 226 juta Dolar Singapura ini memperolah penghargaan Superior Achievement Award dari American Academy of Enveronment Engineer, karena kebergunaan seluruh struktur yang meliputi berbagai aspek. Reservoar ini merupakan reservoar ke 15 yang dimilik Singapura, dan Marina Barrage adalah satu-satunya yang berada di tengah-tengah pusat kota Singapura, karena tempatnya terintegrasi dengan patung Merlion, gedung convention center Esplanade, pusat perbelanjaan dan hotel terbesar Marina Bay Sands, serta Singapore Flyer.

Konsep bangunan ini adalah sebagai tembok, yang mencegah air tawar keluar ke laut, dan mencegah masuknya air laut yang berlebihan ke sungai. Bangunan ini berbentuk seperti kanal yang dapat dibuka tutup sesuai keadaan di lapangan. Cara bekerja dapat dilihat di slide presentasi dibawah, pada halaman 10. Konsep bangunan seperti ini adalah yang kedua di dunia setelah bangunan serupa dibuat di muara Sungai Thames yang melewati London, Inggris, yang dibangun karena sungai sering meluap akibat laut pasang yang membanjiri seluruh kota. Bedanya, di Inggris, model penutup nya adalah slide, geser ke samping, sedangkan di Singapura, model penutupnya adalah atas bawah. Untuk melihat cara bekerjanya, liat video dibawah :

sedangkan untuk melihat detil proyeknya, silakan klik link ini, ini, dan ini.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: