Mengenal Jenis-jenis Ketebalan Pipa

Dalam dunia industri terutama bidang Teknik Kelautan, pipa adalah salah satu unsur penting. Pipa, adalah merupakan salah satu unsur penting dalam offshore structure. Pipa merupakan bagian dari struktur industri migas. Dalam dunia industri secara umum, pipa dibuat, dibentuk, dan diproduksi dalam beberapa ukuran atau dimensi yang sudah terstandardisasi. Salah satu dimensi pada pipa adalah ketebalan pipa, yang sudah ditentukan dalam bentuk angka kode, bukan langsung merujuk pada angka ketebalan pipa.

Secara umum, jenis ketebalan pipa dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Double Extra Strong ( XXS )
  • Extra Strong ( XS )
  • Standard ( STD )

Sekarang ini penamaan ketebalan pipa ditentukan melalui kode angka yang disebut Schedule, misalnya 5 dan 5S, diikuti 10 dan 10S. Setelah itu ukuran bertambah kelipatan 10 menjadi 20, 30, dan 40. Setelah itu kelipatannya naik menjadi 20, sehingga ukuran selanjutnya adalah 60, 80, sampai dengan 160.

Ketebalan pipa berukuran Schedule 40 kurang lebih sama besarnya dengan pipa STD dengan Schedule 1/8 inch hingga 10 inch. Sedangkan pipa Schedule 80 kurang lebih sama besarnya dengan pipa XS dengan Schedule 1/8 inch hingga 10 inch. Pipa Schedule 5 hingga 10 biasanya digunakan pada pipa berbahan Stainless Steel. Sedangkan untuk pipa berlubang kecil biasanya menggunakan Schedule 80, apabila menggunakan yang lebih besar dari itu, hanya menambah ketebalan saja dan kekuatan nya akan berlebihan melebihi yang kita butuhkan.

Pipa biasanya diproduksi sesuai kebutuhan tergantung pada material, ukuran dan Schedule. Namun secara umum, pipa diproduksi berdasar ukuran panjang umum, yaitu panjang 20 feet atau 6 feet untuk pipa Carbon Steel. Panjang ini disebut random length, dan banyak pula produsen yang memproduksi pipa berukuran dua kali random lenght, atau sekitar 12 feet.

topik: pipeline wall thickness

sumber : http://pipinganalysis.blogspot.com/2011/07/pipe-wall-thickness.html

Posted in Migas. Tags: . Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: