Versabar VB10000, Rig Remover seharga $100 juta

Membongkar sebuah rig sangat tidaklah mudah, perlu waktu lama, butuh tenaga dan perlatan yang banyak. Harus potong sana – sini, las sana -sini, dan tentunya merupakan pekerjaan yang penuh resiko bagi pekerja maupun peralatan. Rig Remover buatan Versabar ini dapat melakukan pekerjaan itu semua hanya dalam beberapa jam, dengan resiko dan harga yang jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan cara manual.

Caranya sangat mudah, hanya butuh beberapa penyelam untuk memasang kabel, memotong kaki rig/platform, kemudian sisanya biarkan alat yang bekerja. Angkat dan angkut ke barge yang akan membawa ke darat untuk diproses selanjutnya. Dengan seukuran lapangan sepakbola dan tinggi gedung 25 lantai, Rig Remover ini sangat dibutuhkan di dunia umumnya dan Amerika khususnya, terutama saat banyak rig yang sudah tidak layak pakai akibat umur dan badai di teluk Meksiko.

Sebelum badai Ivan melanda Teluk Meksiko di tahun 2004, tidak banyak kejadian yang memaksa para rig harus ‘pensiun’. Saat itu terdapat sekitar 200 rig yang rusak, bahkan tenggelam akibat badai. Banyak yang hingga sekarang belum diangkat ataupun dibongkar. Saat itu Jon Khachaturian, CEO dari Versabar, menangkap peluang akan bisnis yang sangat menggiurkan ini.

Engineer muda yang awalnya menjadi engineer / perancang rig ini melihat sebuah jasa yang akan sangat diperlukan di dunia offshore dan oil gas. Ia kemudian membentuk perusahaan ini yang fokus pada instalasi, reparasi, dan pembongkaran offshore structure. Saat awal-awal perusahaannya terbentuk, pekerjaan pembongkaran sangat mahal, dan berbahaya. Sampai akhirnya dirancangkan Versabar VB10000 Rig Removal ini, beliau sudah membongkar lebih dari 100 rig dan mengangkat beberapa rig yang tenggelam, dan ini masih akan terus berlanjut seiring masih beroperasinya ribuan rig / platform di teluk Meksiko.

Ini contoh bagaimana rig remover ini bekerja :

2 Responses to “Versabar VB10000, Rig Remover seharga $100 juta”

  1. aburazzaq Says:

    Hi Faisal, sesuai dgn copyright, tlg cantumkan sumber pengambilan foto2 pd blog ini, lebih baik lagi minta ijin dr pembuatnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: