Google Earth untuk Teknik Kelautan


Sekarang kita akan sedikit bermain-main dengan software Google Earth untuk kepentingan keteknikan, terutama untuk Teknik Kelautan. Software bikinan Google ini awalnya memang hanya berfungsi untuk meng-explore bagian daratan dari bumi, tapi setelah versi kelimanya, Google sudah bisa dimanfaatkan untuk meng-explore bagian laut dari bumi. Pemanfaatan dasarnya memang kita hanya bisa melihat permukaan ( surface ) dari dasar laut, tetapi pemanfaatannya bisa lebih jauh lagi, yang akan kita bahas kemudian.

Untuk bermain kali ini, kita akan menggunakan software Google Earth versi 5 keatas, yang sudah mendukung Ocean Surface, kemudian kita perlu men-download file-file Placemark ( file yang sudah di-save, sehingga kita tinggal membukanya di Google Earth ). Setelah meng-install, kita lalu membuka Google Earth, download Placemark-nya, kemudian buka filenya.

File penyedia Placemark salah satunya adalah disini. Di situs tersebut sudah lengkap macam-macam file Placemark beserta kegunaannya. Sedangkan tutorial Google Earth for Ocean bisa dilihat disini dan disini. Pihak – pihak yang sudah bekerjasama dengan Google Earth for Ocean ada disini.

Beberapa contoh penggunaannya adalah untuk :

1. Kabel bawah laut

2. Shipwreck ( kapal tenggelam )

3. Foto udara kawasan pantai

4. Pemetaan deskripsi ekosistem pantai

5. Prediksi ombak dan arus laut global

6. Peta bathymetri dan cuaca

7. Alat navigasi kelautan dan perkapalan

Masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya, cukup lengkap, dan pemakainnya cukup mudah, karena kita tinggal mencari dan men-download file-file Placemark-nya, dan tinggal dibuka di Google Earth.

Selamat mencoba!
Enjoy!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: