Floating Stadium Singapore

Floating Stadium di Singapura ini merupakan salah satu keajaiban struktur di bidang kelautan. Stadion yang terletak di kompleks Marina Bay, Singapura ini termasuk dalam kompleks sirkuit F1. Selain sebagai stadion olahraga sepakbola, floating stadium ini juga digunakan untuk konser, pertunjukan seni, budaya, dan lainnya.

Stadion ini merupakan bangunan terapung terbesar di dunia dengan luas 83 x 120 m, atau seukuran 5% lebih luas daripada lapangan sepakbola biasa. Stadion yang terdiri dari 200 ponton yang dikaitkan ini menggunakan pylon sebagai pondasi di dasar laut dan menggunakan rubbers-roller yang menghubungkan floating area dengan darat dan berfungsi juga untuk menahan floating area agar tidak bergerak terkena ombak dan arus.

Sementara itu, 3 penghubung juga memiliki sendi yang dirancang khusus agar stabil. Pada 3 penghubung tersebut juga diletakkan sistem listrik dan drainase untuk mengalirkan tenaga listrik, penangkal petir, dan sistem pembuangan air.

Apa yang bisa diambil? Yang pertama, adalah ide unik yang belum pernah ada duanya, yakni berlatar belakang kebutuhan akan area tetapi terbatas, sehingga menempatkan di laut. Yang kedua adalah konsep unik dan letak strategis bangunan. Selain untuk olahraga, juga berfungsi untuk konser dan pertunjukan, karena mampu menampung banyak penonton dengan lokasi strategis, pemandangan indah, dan background Marina Bay. Yang ketiga adalah teknologi struktur yang memakai sistem gabungan antara ponton dan pondasi, mengingat luasnya area stadion. Penggunaan rubbers-roller sebagai pengait juga berfungsi menambah kekuatan dan kestabilan struktur.

Kesimpulannya, ide, desain, pemecahan masalah, dan teknologi floating stadium ini sangat luar biasa.

4 Responses to “Floating Stadium Singapore”

  1. reezar Says:

    pada pembangunan floating stadium tsb, apakah hal yg dkerjakan oleh para ahli teknik kelautan dan apa saja juga yg dkerjakan para ahli teknik sipil? trims.
    #bingungcarijurusan

    • Awan-P47 Says:

      Wow..mirip dgn tugasny temenQ yaitu floating bridge yg ingin di aplikasikan sbg pengganti jalan martadinata jakarta utara yg sering ambrul…

      • oceanoblogi Says:

        betul sekali, semakin kesini semakin banyak struktur floating yang diaplikasikan dalam berbagai hal, termasuk jembatan, jalan, rumah, dll

    • oceanoblogi Says:

      sebetulnya tidak ada pembagian secara baku antara 2 engineer itu, pembagiannya nanti tergantung manajemen proyeknya,,kan dalam proyek itu contohnya ada pembagian pekerjaan tribun, lapangan, dll


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: