Teknik Kelautan dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

Siapa bilang kerjaan insinyur Teknik Kelautan cuma offshore platform, breakwater, dan pelabuhan?

Siapa bilang mahasiswa Teknik Kelautan jauh dari masalah sosial dan hanya orientasi bisnis?

Dalam rangka mengikuti Community Development Competition dalam rangka ITB Fair 2010, saya beserta teman saya Wisnugraha Teknik Tenaga Listrik ITB ’06 beserta Azmi Ghafery Teknik Mesin ’06 membuat proposal tentang pemberdayaan masyarakat pesisir. Berawal dari keprihatinan saya dan teman saya soal kondisi nelayan dan masyarakat pesisir di kampung halaman kami, Yogyakarta, kami sepakat mencoba mencari solusi bagaimana pemanfaatan teknologi dan penemuan baru khususnya di bidang kelautan dan energi.

Dalam solusi ini, kami memanfaatkan teknologi pembangkit listrik tenaga ombak dengan Oscillating Water Column seperti di gambar. Dengan memanfaatkan potensi ombak besar di pantai Gunungkidul, Yogyakarta, kami mencoba menggunakan pembangkit listrik model ini untuk mengaliri listrik sebuah kampung nelayan yang cukup besar namun tanpa listrik yg memadai. Dalam lebih lanjutnya, listrik tersebut akan digunakan juga untuk kegiatan pengolahan hasil laut untuk menambah penghasilan dan meningkatkan kemandirian masyarakat nelayan pesisir dalam meningkatkan kesejahteraan.

Untuk selengkapnya silakan download proposalnya disini, silahkan dibaca, dan sampaikan saran dan kritiknya. Jadi, gak ada alasan lagi ilmu Teknik Kelautan tidak aplikatif dan jauh dari kehidupan sosial sehari-hari masyarakat?

15 Responses to “Teknik Kelautan dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir”

  1. erhellya Says:

    SEMANGATT kakak dkk..

    semoga prospek ke depannya jadi lancar.
    and dont give up!!!

  2. aperdanats Says:

    sukses yah…
    selalu peduli terhadap sesama.

    salam kenal bung.

  3. fahmi Says:

    wah,,keren tuh,,,smoga bisa bermanfaat bwat masyarakat di sekitar….

  4. Yunus Chalim Says:

    semoga bermanfaat ilmu yang dipelajari bagi masyarakat JOGJA.. semangattt

  5. Harisman Says:

    Wah gw baru liat blog lo…
    mantap mantap sal…
    thanx bgt udah membantu mempublikasikan tek.kelautan dengan cara lo.
    tetep semangat ya bro…

  6. tizy Says:

    permisi,,,,,,,,
    cuma mau
    numpang nampang…

  7. USHDA Says:

    mas bagi infonya dong
    aku mw buat penelitian tentang pemberdayaan masyarakat pesisir dalam melestarikan lingkungan (pengelolaan sampah – sampah yg di bawa oleh arus air ketika pasang atau surut)

    • richzal Says:

      Mas,
      saya sedang cari ahli teknik kelautan pengalaman 5-10 tahun, untuk pekerjaan pengembangan pelabuhan, tolong di infokan ke saya ?
      Terima kasih
      wass.

      • faisaldwiyana Says:

        maaf terlambat membalas,
        kalau lain waktu membutuhkan, untuk siapa saja, silahkan tulis kontak yg bisa dihubungi, agar saya bisa mem-forward ke rekan2 atau siapa saja yg membutuhkan, trims..

  8. Wahyu Suryo Putra Says:

    Saya salut dengan anda Pak!! pertama-tama perkenalkan, saya Wahyu Suryo Putra, Teknik Kelautan ITS ’06. Saya rasa visi misi anda sama dengan saya. Saat ini saya sedang mencari teman-teman sebidang yang benar-benar berjuang dengan jalan yang benar untuk meraih kompetensi di bidang kelautan. Seperti Pak Faisal, saya juga prihatin dengan kondisi kehidupan laut Indonesia. Saya merasa dengan saya menempuh studi di ITS Teknik Kelautan saya mempunyai tanggung jawab untuk kelak saya bisa dipercaya ikut serta mengelola kekayaan laut Indonesia yang sangat luar biasa untuk kesejahteraan bangsa. Senang sekali saya bisa berdiskusi dengan Pak Faisal. Indonesia membutuhkan kita calon-calon insinyur kelautan yang berjiwa pengabdian dan berkompeten. Saya belakangan ini bingung bagaimana saya bisa menemukan orang-orang seperti Anda untuk mengajak bersama-sama mensinergikan visi misi sebagai insinyur kelautan Indonesia kelak. Dalam hati saya terus terngiang pertanyaan “Apa yang bisa kupersembahkan dengan penuh tanggung jawab kepada Laut Indonesia kelak?” Saya punya mimpi Indonesia memiliki ikatan calon insinyur kelautan seluruh Indonesia yang memiliki tujuan perjuangan untuk membantu memaksimalkan potensi laut Indonesia demi kemakmuran bangsa. Akhir kata dari saya mari kita bersama menyamakan visi dan misi sebagai calon insinyur kelautan Indonesia, untuk Indonesia yang lebih baik. Mohon konfirmasi ke email saya atau kontak saya di 085731172316 setelah membaca comment saya, saya ingin berdiskusi lebih jauh dengan Anda.

    • faisaldwiyana Says:

      kalau ingin berdiskusi, sebaiknya manfaatkan blog ini, melalui comment, agar diskusi bisa dibaca orang banyak, untuk membuka wawasan semua orang mengenai dunia kelautan Indonesia.

      Terima kasih atas perhatiannya,


Leave a Reply

