Sulitnya Mencari Source Teknik Kelautan

Internet lagi-lagi kembali menjadi andalan untuk mencari source bahan kuliah dan source-source lainnya mengenai Teknik Kelautan. Sayangnya cabang ilmu teknik kelautan yang merupakan ilmu turunan, source-nya cukup sulit dicari di internet itu sendiri. Beberapa macam source udah saya coba, tapi banyak yang tidak ditemukan hasilnya.

Contoh sumber yang saya cari adalah definisi dan serba-serbi soal Teknik Kelautan itu sendiri. Definisi paling lengkap dan jelas hanya ada di wikipedia dengan keyword Ocean Engineering, ditambah dengan ditampilkannya jurusan atau cabang ilmu lain yang terkait dengan Teknik Kelautan.

Sumber lain yang saya cari adalah mencari mailing list atau forum yang berhubungan. Sedihnya, hanya satu mailing list yang saya temukan. Itupun sampai sekarang saya tunggu belum ada email apapun yang masuk. Untuk forum apalagi, tidak saya temukan yang benar2 sesuai yang saya harapkan.Yang banyak justru mailing list tentang Teknik Lepas Pantai ( Offshore Engineering ), itupun isinya melulu menjurus ke migas, bukan membahas konstruksi laut seperti yang dipelajari di Teknik Kelautan.

Saya belum menyerah, coba saya cari perguruan tinggi di dunia yang membuka program Teknik Kelautan, yang rata-rata memakai nama Ocean Engineering. Hasil yang saya temukan bisa dilihat disini. Rata-rata dari Amerika Serikat, lalu ada juga di Eropa dan Asia. Lumayan lah dari sini bisa membaca sedikit2, biar pengetahuan kita tentang Teknik Kelautan bisa bertambah luas. Namun, banyak juga ternyata yang membuka program ini di luar negeri, sampai2 saya belum sempat membaca semuanya.

Next, source lain adalah buku. Mencari source ini lebih enak, tinggal buka Google Books, keluarlah semua. Dari yang buku berjudul Ocean Engineering, ataupun yang lebih spesifik, misal Offshore, ataupun yang lebih detail, seperti konstruksi laut dan pantai, semua ada, dan dibaca, sayang belum bisa di-download.

Nah, ada yang punya source lain? Silahkan di-share…:)

Posted in Akademik. Tags: , . 11 Comments »

11 Responses to “Sulitnya Mencari Source Teknik Kelautan”

  1. fahmi Says:

    hmm,,bukanya offshore eng tu memang blajar konstruksi bangunan laut,,pipa laut dll…??

  2. faisaldwiyana Says:

    iya,betul itu, tetapi ocean eng yang dipelajari dikampus saya tidak hanya soal offshore, tapi juga onshore, contohnya coastal eng..

    salam,

  3. rahmat riski Says:

    Ocean engineering, yang dipelajari didalamnya adalah tentang Offshore and coastal engineering.

    Submarine Pipeline (Pipa bawah laut) dan kontruksi bangunan lepas pantai bagian dari Offshore engineering.

    Wassalam, Rahmat

  4. Vensky Says:

    ada resensi buku yang bisa nambah pengetahuan tentang teknik kelautan gag???
    aq pingin masuk teknik kelautan tp bingung mau belajardari buku ap???

    • faisaldwiyana Says:

      kalo pengen nambah pengetahuan silahkan dicari2 aja di internet, banyak kok,,
      kalo sudah masuk di teknik kelauran, nanti juga ada buku2nya,,banyak banget dan seru mempelajarinya..

  5. wildan Says:

    wah bukunya…..
    tuh di RBC FTK segudang…..
    kesini aja ke surabaya,di jamin jauh.
    banyak mahasiswa univ lain yang nyari referensi di kampusku.so datang aja kalo yari ilmu.oce

    • faisaldwiyana Says:

      Hmm, kalau soal buku termasuk buku kuliah mungkin juga udah banyak, tapi yang saya maksud gak cuma itu, dikarenakan ilmu dan teknik kelautan terus berkembang secara cepat, dibutuhkan informasi dan sumber wawasan baru, terutama di internet dan informasi yg mudah diakses lainnya.

      Kenapa tidak cuma buku? karena ya itu tadi, coba bandingkan dengan jurusan lain, yang begitu mudahnya mencari source di internet, banyak forum discussion, banyak mailing list, dsb. Oleh karena itu, mari kita mulai mengembangkan source teknik kelautan ini.

      Hmm, boleh juga, nanti kalau main kesana saya mampir ke RBC.

  6. erlangga Says:

    numpang tanya , kalo program studi teknik kelautan di jerman itu ada tidak ya ? trimakasih

  7. Deri Says:

    letak source dimana sih,,,,?

  8. DithyaGaluh Says:

    kak mau tanya, ada gak peluang untuk lanjut kuliah ke jepang? dan cari kerja di jepang ^^ termakasih


Leave a Reply

