Memahami Ilmu Teknik Kelautan

Banyak yang kurang mengerti dan memahami tentang ilmu Teknik Kelautan, terutama yang dipelajari di jurusan saya ini di ITB. Banyak mahasiswa di ITB terutama di FTSL, bahkan tidak mengerti sama sekali atau salah paham menilai dan salah mengira apa yang dipelajari di jurusan Teknik Kelautan ITB ini. Sebagian besar menyangka Teknik Kelautan mempelajari ilmu dasar atau sains tentang laut itu sendiri, dan bukan soal tekniknya sendiri. Padahal dari namanya sendiri sudah tertulis jelas Teknik Kelautan, tetapi masih banyak yang menyangka Teknik Kelautan mempelajari ilmu tentang laut itu sendiri, mirip dengan jurusan lain seperti Ilmu Kelautan, Oceanography, atau bahkan jurusan tentang Perikanan.

Banyak sekali orang yang salah kaprah, mengingat Teknik Kelautan termasuk bidang ilmu teknik / engineering yang sangat spesifik sehingga cakupan ilmunya sempit tapi kompleks, rumit, dan rinci. Bidang ilmu Teknik Kelautan memang merupakan sebuah irisan / campuran dari berbagai macam bidang disiplin ilmu yang akhirnya akan menghasilkan perpaduan ilmu-ilmu tersebut menjadi sebuah ilmu yang bernama Teknik Kelautan.

Banyak sekali ilmu yang berkaitan dengan Teknik Kelautan, tetapi saya akan mempermudahnya dengan diagram di bawah ini:

ilmu

Jadi, bisa dilihat kalau Teknik Kelautan adalah ilmu turunan dari Teknik Sipil dan Ilmu Kelautan. Semoga tidak ada yang salah kaprah lagi.

:)

About these ads

160 Responses to “Memahami Ilmu Teknik Kelautan”

  1. taufan Says:

    ow gtu.. thanks bwt infox :) aq maba teknik kelautan.. wah berarti cukup rumit juga ya, cz kita mempelajari 2 ilmu sekaligus.. menarik banget…

  2. icarus Says:

    Salam,
    saya maba FTSL ITB 09,tertarik akan teknik kelautan yg ternyata bukanlah oseanografi yg seperti dipikirkan selama ini. Tapi kira2 lowongan pekerjaan bnyk nggak yg nyari sarjana KL? Padahal kalau dipikir2 KL menjanjikan…
    Di indonesia, PTN yg punya prodi KL selain ITB dan ITS ad nggak?

    • Dadang KL'99 Says:

      Teknik Kelautan ITB sama sekali berbeda dengan Ilmu & Teknologi Kelautan, atau dengan Oseanography.

    • oceanoblogi Says:

      jangan khawatir, lowongan untuk sarjana KL banyak sekali, dan banyak perusahaan yang sudah mulai sadar akan prodi KL ini, bisa nerima offshore engineer, ocean engineer, ataupun pipeline engineer.
      untuk di Indonesia, setahu saya yang punya jurusan bernama Teknik Kelautan hanya ada 3 PTN, ITB, ITS, dan Universitas Hasanuddin. untuk yang swasta saya belum tahu.

  3. fahmi Says:

    hmm,,spertinya ada yg kurang tuh,,,selain offshore eng,,ama coastall eng,,ada juga pipeline eng…..

    salam kenal dri Tek kelautan ITS..

    cheers,,,

  4. faisaldwiyana Says:

    @taufan:
    selamat2, mari sama2 sukses di bidang teknik kelautan.
    bidang ilmu kita sangat spesifik, dan potensinya masih sangat besar..

    @icarus:
    soal lowongan banyak banget, soalnya KL sangat spesifik, biasanya kerja di service company oil n gas.
    PTN lain ada, tapi kalo teknik cuma ITB n ITS, yang lain hanya ilmu kelautan, bukan bidang engineering

    @fahmi:
    di tempat saya cuman ada dua itu mas,
    salam kenal juga..

    • Dadang KL'99 Says:

      Faisal,

      di KL ITB jg dipelajari tentang Pipeline Engineering, ini adalah bagian dari Offshore Engineering jg! :D… Onshore dan Offshore Engineering (Teknik Pantai & Lepas Pantai) cukup luas bidang keahlian didalamnya, tp di Teknik Kelautan ITB km akan mempelajari dasar2 dr semua bidang keilmuan ini. Ngga akan cukup waktu 4 atau 5 tahun untuk mempelajari semuanya secara mendalam. Tp untuk lebih spesifiknya, biasanya baru didapatkan ketika mengerjakan TA, ketika terjun langsung di dunia kerja, atau ketika melanjutkan ke S2.

  5. halimwui Says:

    halo,, ak maba ftsl 2009,, entah kenapa akhir-akhir ini tertarik banget sama tknik kelautan,,
    hmmmm,, teknik kelautan mesti bisa berenang y?? krn kebetulan aku g bisa berenang,, pdahal pgn bgd untuk masuk ke teknik kelautan,,
    hmm,, kayaknya segitu aj,, ntar klo bingung aku tanya lagi y,,
    makasihhhh

  6. faisaldwiyana Says:

    hmm,
    sebenarnya teknik kelautan gak ada hubungannya sama sekali dengan bisa atau tidaknya berenang,
    sekarang coba dipikir, buat apa bisa berenang?
    memang kalo bisa berenang, itu hanya nilai plus aja..

    ya, silahkan saja kalau mau bertanya lagi,
    via apapun boleh..
    sapa tau bisa menyalurkan minatnya ke teknik kelautan, soalnya saya sangat beruntung dan senang sekali bisa masuk teknik kelautan..

  7. halimwui Says:

    untuk prospek kerjanya sendiri gimana kak?? ortuku masih blm mau terbuka dgn teknik kelautan karena mnurut mereka lingkup kerjanya sedikit,,

    • faisaldwiyana Says:

      hmm,prospek kerjanya cukup banyak seperti bidang-bidang lain meskipun ilmunya cukup spesifik dan sempit.

      bisa jadi masuk di perminyakan karena mereka membutuhkan skill infrastruktur lautnya,bisa juga konsen di bidang infrastruktur dengan develop infrastruktur perairan dan pantai.

      jangan khawatir, orangtua mungkin belum terlalu tahu dan mengerti bidang teknik kelautan karena tergolong spesifik, baru, tapi berprospek cerah. :)

  8. tia Says:

    kalo nanya tentang oseanografi boleh ga ? :)

  9. rendra Says:

    aku dari teknik kelautan ITS surabaya, di ITS bukan hanya itu ( ilmu kelautan & T Sipil) tapi juga ilmu perkapalan dan mesin kelautan, sory yach kita beda….!!! di tempatmu hanya mikir pantai aja bung!!!! offshore GMN????

    • faisaldwiyana Says:

      hmm, di tempat saya memang kurang begitu mengajarkan tentang perkapalan dan mesin kelautan seperti di ITS, di tempat saya hanya fokus di coastal engineering dan offshore engineering..

      ya doakan saja, mudah-mudahan teknik kelautan semakin berkembang di tempat saya, seperti cita-cita saya, semoga di tempat saya segera ada fakultas teknik kelautan, dan ada juga jurusan tentang perkapalan, desain kapal, bahkan ilmu tentang kelautan secara lengkap..

    • Dadang KL'99 Says:

      kata siapa di ITB hanya belajar teknik pantai aja??… kami di ITB belajar teknik pantai & lepas pantai, sama porsinya! ada jg mengenai mooring analysis & mengenai perkapalan. pastinya ada bidang2 keilmuan tertentu yg di ITB dipelajari lebih mendalam sedangkan di ITS tidak, juga sebaliknya.

      sepertinya rendra ini msh mahasiswa baru ya sehingga msh dangkal sekali pengetahuan dan pola berfikirnya :D

  10. kaptenKL07 Says:

    *edited; berhubung saya mahasiswa baru di teknik kelautan, ini ada tambahan dari kakak angkatan saya*

    kita juga mikirin offshore bung..dari mulai bangunan pantai sampai bangunan lepas pantai ada..pipeline engineer..
    perkapalan..kita juga belajar,walaupun gak mendalami..bukan berarti kita kurang..
    survey di laut kita juga belajar..dari mulai hidrogafi sampai akustik bawah air ada…

  11. ade budiman Says:

    aku msi klaz 3 n mau masuk teknik klautan tp kira2 ribet ga sih pelajarannya? pa ja yg dpelajari? trus lbh prospek mana dngn teknik perkapalan? makasih

  12. ade budiman Says:

    bisa gambarin gag secara umum tentang teknik kelautan dan apa aja sih yang dipelajarin dan dibandingkan dengan teknik perkapalan bagus mana prspek kedepan nya cz bingung nih milih 2 fakultas itu

    • faisaldwiyana Says:

      coba dibaca lagi posting diatas, sama komen2nya juga..
      kalo teknik kelautan itu kurang lebih tentang struktur di laut, bawah laut, pantai, pelabuhan, muara, perpipaan,dll
      kalo teknik perkapalan jujur saya kurang tau,

      sebagai referensi teknik kelautan silakan dibuka http://www.ocean.itb.ac.id

      • Awan-P47 Says:

        Salam Hangat
        Saya dari perkapalan ITS cuma ingin menanggapi..
        Disini kami FTK (Fak.Teknologi Kelautan terdiri dari T.Perkapalan,Sistem Perkapalan dan Tek.Kelautan) itu Fakultas tetep jadi satu ,karena dulu sblm jadi FTK namanya FTP (Fak.Teknik Perkapalan)..
        Kami perkapalan juga belajar tentang piping,Struktur Bangunan Lepas Pantai red Offshore,dan Onshore juga..Bahkan perlakuan metalurgi dan korosi juga dipelajari disini. Gak cuma itu,manajemen resikonya pun dipelajari di Tek.Perkapalan..Soalnya offshore klo udh sedot minyak,mau dtaruh kmana itu minyak dlm jumlah banyak klo bukan ke kapal?masa dbuang lagi kelaut?..Makanya Tek.Perkapaln juga belajar Offshore.
        Jadi semuanya dsini ada. Nah,setelah saya lihat kurikulum Tek.Kelautan ITS dan ITB kayanya mirip2 deh..Ya paling beda2 dikit yang ITS paling sdikit lbh runyem dan banyak. misalnya Tek. Kelautan ITS baru semester pertama aja udah harus belajar bareng2 sama Tek.Perkapalan dan Sistem Perkapalan dicampur aduk 3 jurusan jadi satu buat dipaksa belajar Kapal, Offshore, dan Mesin Kapal. Yang Tek. Perkapalan dpaksa Belajar Offshore, Yang Tek.Kelautan juga dpaksa Belajar Kapal. Sistem perkapalan apalagi..dpaksa belajar sistem kapal dan modul2 yang ada di offshore..Itupun belajarnya lgsg berlayar didalam kapal pnyanya TNI AL di tengah laut,kadang2 juga mendekat ke offshore jadi bisa dikenalkan langsung..Itu program tahunannya FTK ITS, ya mngkin ITB juga ada..cuma saya kurang tahu..

        Menurut saya, baik ITS maupun ITB kalau kalian fokus satu bidang misal piping eng,walau banyak mata kuliah yang kalian pelajari entah di ITS atau ITB ya tetep aja kalian akan jadi piping eng. Jadi dasar2 kelautan cuma pengantar pengetahuan kalian ja…
        Dan jujur dibidang kerjanya pun masalah laut misal.di migas….ITS dan ITB tu merajai dbanding PT yg laen. So intinya…setelah kuliah,kalian keluar mau jadi apa…tentukan terlebih dahulu.
        Sebelum kalian masuk,cari dulu pintu keluarnya biar setelah masuk gak kebingungan muter2 cari jalan keluar, malah jangan2 ga ada pintu keluar,kejebak deh di dalem.
        *Semoga bisa jadi pencerahan

  13. eltari Says:

    Loh, masnya di ITB apa UGM to kuliahnya, kok ada link juga ke Ilkom UGM

  14. rahmat riski Says:

    Dulunya pengen masuk ITB juga, eee g taunya nyasar di ITS. Ocean engineering ITB dan ITS, sama saja. cuma di ITS dibawah fakultas teknologi kelautan, klo ITB dibawah fakultas Teknologi sipil dan Lingkungan.

    Sukses Faisal

  15. budaxbageur Says:

    ini tugas kominfo sal?

  16. fanmulyadi Says:

    mantap sal blog ny. aing baru tau. hahaha
    keren2.

  17. S.D.Sputra Says:

    saya masih kelas 2 ipa, tp uda tertarik dgn jurusan yg berbau kelautan bwt kuliah ntar
    yg mw saya tanya.

    kalo oseanografi atau ilmu kelautan apa.an?
    perbedaan konsep belajarnya antara TEKNIK kelautan dgn ILMU kelautan apa?

    • faisaldwiyana Says:

      hmm,setau saya, oseanografi mirip dengan ilmu kelautan, mempelajari sains, prinsip, dan dasar teorinya, sementara teknik kelautan adalah aplikasinya, dengan ilmu dasar oseanografi, ilmu kelautan, dan tentunya teknik sipil.

      silahkan dibaca lagi tulisan di atas, kalau suda baca, pasti mengerti perbedaannya.

      kalau masih mau nanya2, silakan kontak saja via email atau ym..

      regards,

  18. wiwiddd Says:

    ini seperti bukan faisal sajaa..
    hhahahaa

    eh, jangan lupa bagi2 yaa klo menang CDC.. :)

  19. dhanybeatles Says:

    gue masih kelas 3 dan ktrima pmdk IPB ilmu dan tek.kelautan..smoga kita bisa sharing ilmu di sini..thnx

  20. dhanybeatles Says:

    suatu saat..ntar gue buat web tentang kelautan meski sederhana..haha..dari bekel di suruh guru komputer SMA bikin web..

  21. Fitri Says:

    Em maap sblumx,,
    maw tanya mz..
    Di kelauTan ada cwenya kan??
    Truz, kalo bwt cwe gt kira” berat gag c kuliax??
    Mksh y?
    Dtgu jwbnx…

    • faisaldwiyana Says:

      buat Fitri,
      di teknik kelautan gak ada pembedaan soal jenis kelamin kok,
      dari segi pelajaran dan soal fisik, tidak berat, tidak ada masalah buat ce’,

      di jurusan saya, di ITB, ada ce’ nya kok, walaupun cuma sedikit memang,
      tapi gak masalah,

      coba bayangkan, Fitri bisa jadi ce’ dari lulusan yang sedikit itu, tentu akan spesial, apalagi gak semua perusahaan nyari engineer co’,
      bahkan kadangkala ada yang khusus mencari ce’, karena mungkin dalam beberapa hal justru ce’ unggul daripada laki2,,

      jadi gitu, buat para ce’2, jgn kawatir, justru malah peluang besar lho..

      kalo ada pertanyaan lain silahkan ditanyain aja,,

  22. Niken Says:

    Boleh d jelasin lebih rinci perbedaan ilmu kelautan ama teknik kelautan. Trus selain d itb ama its masih ada gak universitas Yang ada ada teknik kelautan nya. Klo masuk teknik kelautan atw ilmu kelautan biasanya d terima kerja d mana?
    Makasih

    • faisaldwiyana Says:

      sebenernya diatas udah dijelasin sih, tapi gpp,
      gampangnya, kalo ilmu kelautan tu ilmunya, mbahas deskripsi, ciri2, n sifat2 lautnya, kalo di teknik kelautan, itu aplikasinya, terutama untuk struktur di laut,

      hmm,setau saya, yang ada teknik kelautan hanya ITB dan ITS, yang lain hanya ilmu kelautan, tapi cukup banyak jumlahnya,

      hmm, pastinya kalo di teknik kelautan kerjanya yang ada hubungannya di laut, seperti sektor migas, pelabuhan, perkapalan, dan kontraktor2 gitu,

      ada pertanyaan lain?

  23. wildan Says:

    wah,teknik kelautan ITB.sippp.e…..
    tapi kurang tau juga.ahahhaaha
    yang saya tau ce kalau masuk teknik kelautan siap-siap kuliah lebih dari 5 thun aja.heheheh
    aku juga pengen masuk teknik kelautan tapii…..
    udah falling in love with marine engineering.
    masalah prospek sama aja.LUAS……
    Gaji,jangan tanya…….gaji orang MIGAS brapa??
    tapi ya geto g pernah pulang.
    yang namanya kerja dilaut apapun itu mesti cepet kaya.
    VIVAT FTK…….

    • faisaldwiyana Says:

      Wah, kalo ce’ masuk kelautan lulusnya lama saya kok kurang setuju, soalnya gak ada bedanya sama sekali, justru peluang ce’ yg jumlahnya sedikit itu untuk sukses lebih besar.

      Hmm, trus soal gaji dan kesejahteraan, memang semua kerja sama aja, yang penting usaha dan tetap profesional. Mungkin di laut kemungkinan lebih cepat kaya, karena waktu yg dihabiskan juga lumayan besar, dan waktu tidak menjadi masalah buat beberapa orang..

      Semuanya tergantung pilihan masing2..
      Viva teknik kelautan!

  24. wegan Says:

    saya skrg kelas 12, mau cba ambil tek.klautan itb tau its, mg2 dua2′y bs masuk, jd nnti sy tnggal milih.. salam sukses

  25. wildan Says:

    wah kalo disini no.1 lulus paling lama.disusul ma t.perkapalan trz t. mesin.

    pilihan masing-masing.sipppp

  26. dandi Says:

    saya ftsl itb ’09 asal surabaya, dulu masuk itb ngejar sipil (jujur, dulu malah gak tau kalo ad KL), tapi trus stelah beberapa lama jadi tertarik sama KL, cuma saya masih bingung sama status KL itb dibanding sama yg di its (yg ad di sby), mana yang lebih baik? mana yang bakal dilirik duluan sama oil company? soalnya jelas KL mereka lbih tua dari kita, lab lebih banyak, fakultas tersendiri, profesor lebih banyak, kerja lapangan gampang (deket laut), nah yang bikin saya rada bimbang, saya punya pikiran yang cukup mengganggu, gini “knp saya harus capek2 sikut2an pas spmb buat masuk itb, jauh2 kuliah di bandung, bayar lebih mahal, kalo di tempat asal saya ada institut negeri yang nawarin prodi sama dan SEKILAS berfasilitas lebih, dan untuk masuk situ gampang banget (passing gradenya termasuk rendah)?”

    mohon pencerahan dari kakak2 KL,
    thx

    • faisaldwiyana Says:

      hmm,maaf agak lama balesnya,
      ini jawaban saya, saya cerita soal KL ITB aja ya, kalo soal ITS mungkin nanti ada anak ITS yg cerita sendiri,

      jadi gini, kenapa KL ITB, sudah kita ketahui kalau ITB merupakan perguruan tinggi teknik tertua, itu kenapa harus ITB,

      lalu, kenapa di ITB harus KL?
      karena KL termasuk jurusan yang berkembang paling cepat, ( bahkan diakui dosen2 jurusan lain ), dari tahun 1994 berdiri, sekarang KL ITB sudah memenuhi syarat sebagai jurusan Teknik Kelautan yang lengkap, bahkan memperoleh akreditasi jurusan teknik internasional (ABET) yang bahkan di ITB hanya 4 yang dapat ABET

      tadi saya bilang lengkap, karena hanya di KL ITB yang mempunyai semua bidang keahlian Teknik Kelautan, disini dosennya yang berjumlah 15 orang mempunyai keahlian yang berbeda-beda, beragam dan semua ada. contoh : ada yang ahli teknik pantai, ahli pelabuhan, ahli manajemen struktur, ahli akustik bawah laut, ahli permodelan, bahkan ahli perkapalan juga ada, saking lengkapnya.

      nah, jadi, ini bukan masalah usi program studinya, kalo ingin yang terbaik, carilah lingkungan terbaik, teman2 terbaik, dosen2 terbaik, dan perguruan tinggi terbaik,

      thanks, mudah2an mencerahkan..
      saya tunggu di KL, semangat!

      • Awan-P47 Says:

        Ikutan reply ah..
        ITS juga sama kok..udah diakui International, RINA dari london, IMAREST, etc. Bahkan sang rektor gurunya guru besar pun mengakui FTK ITS itu jempol, Akreditasi sudah International..Guru besarnya banyak. Dosennya yg dari LN se abrek,US, europ dll…ada yg pernah jadi konsultan salah satu perusahaan migas di eropa saat beliau kuliah dsana (padahal masih kuliah).. bahkan rumus buatannya dipake disana…Jaringan Alumnusnya yg udh jadi manager2 apalagi udah menyebar ke pelosok dunia.
        Cuma sayang…Lulusnya FTK ini terbilang paling lama se kampus ITS..ya dosennya aja gitu..Kill bin dekil…pengennya Mahasiswanya mnguasai penuh materi yg dsampaikan…hehehehe…
        Cuma satu masukkan aja…
        Ga usah beda2in..
        Sama aja ITS-ITB..keduanya sama2 PTN Teknik terbaik di Indonesia yang ranking sedunianya ga bsa dianggap remeh..
        Toh nantinya ddunia kerja di laut kalian cuma ketemu sbagian besar dari ITS dan ITB kok..

  27. Fu@_choliday Says:

    Qw msh kls 3 ipa
    mw nanya,,,
    Mz..apa yg bwt mas seneng di fak.Kelautan..?
    Soalx qw tkut ntar aktivitas kuliahnya ga nyenengin..

    Plus..mhon do’anya moga saya dtrima T.Kel ITS..
    Hee..

    • faisaldwiyana Says:

      hmm, kenapa saya senang di KL, terutama di KL ITB?
      jujur, saya dulu gak suka KL, tapi saya coba baca2 dan searching soal KL, dan saya malah jadi kagum dan senang sendiri,

      kalo soal aktivitas, saya kurang tahu yang di ITS, tapi yg disini, yang bikin saya senang adalah, kuliah lapangan, aktivitas diluar kelas yang bikin saya senang, bisa jalan2,

      selain itu, teman2 saya adalah yang terbaik, semuanya pintar, sehingga iklim kompetisinya sangat tinggi, membuat saya yang tadinya gak bersemangat kuliah ini jadi semakin bersemangat,,

  28. Dimas Alif Yunas Says:

    yee, , aku diterima di T. Kelautan ITS, ,
    gabung deh disini. . :P

  29. Fu@_choliday Says:

    Wah..salam knal dimaz..qw jga udh ketrima T.Kelautan ITS..

  30. Fu@_choliday Says:

    Ne komentar org2 d skitarq ttg T.kelautan;

    1.”wah..i2 bguz, 2/3 bumi kn lautan..hee”
    2.”ehh..mau nerusin cita2 ne2k moyang nee..?”
    3.”wah..i2 insyallah cpet dpet kerjanya di migas”
    4.”wuiih i2 lama, minimal lu2sx 5 tahun loo..”
    5.”eehh..ntar i2 kerjax di laut terus, ga pulang2..”
    6.”wah i2 bagus banyak pluang, klo teknik yg laen mah sudah banyak..”

    nah..yg bner yg mana nih maz…?

    • faisaldwiyana Says:

      saya bahas satu2 aja yaa..

      1. emang bener, dan bahkan laut itu belum ter-explore banyak, sehingga peluang kita gede kan? :D

      2. iyalah, di Indonesia tu sebagian besar lautan. miris dan sedih gak sih, kalo dunia kelautan kita dikuasai orang luar, dari perikanan sampai migas di laut, kita kalah sama orang luar.

      3. iya, beruntunglah karena anak KL sudah spesifik bidangnya, jadi mudah terserap professional, karena mereka juga nyarinya yang sudah spesifik.

      4. gak juga, asal kita rajin, banyak kok yang lulus tepat waktu, bahkan di ITB ada program fast track, yang memungkinkan kita bisa S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja

      5. kata siapa kita pasti kerja di laut, banyak juga yg kerja di kantoran, atau di kota pesisir. lagian misal kita kerja di lepas pantai, waktu liburnya juga lama, contoh: kerja 1 bulan libur 2 minggu, dst..

      6. iya, bidang ini lagi berkembang, dengan makin banyaknya industri yang berhubungan sama laut, contoh: reklamasi pulau di Dubai, offshore migas, dll

    • Dadang KL'99 Says:

      Ngga ada alumni Teknik Kelautan yg kerjanya di laut terus menerus, justru hampir semuanya kerja di perkantoran di darat sebagai engineer atau profesional lainnya. Alumni Teknik Kelautan melakukan design engineering, dr kantor di darat, untuk pekerjaan2 konstruksi di laut atau pantai. Justru yg menarik dari Teknik Kelautan adalah, dg bidang pekerjaannya ini alumni Teknik Kelautan sesekali akan melakukan monitoring atau pengasawan ke lokasi project di pantai atau lepas pantai, sangat menyenangkan karena pekerjaannya jadi tidak membosankan. Bayangkan kalau setahun full harus bekerja di kantor terus menerus, pasti akan sangat membosankan. Disamping itu, dg tugas ke lapangan (lokasi project) biasanya kt mendapatkan fasilitas yg sangat baik dari kantor & uang saku yg lumayan besar :)

      Tapi ada jg engineer kelautan yg lebih suka bekerja di kantor saja & tidak pergi ke lapangan sama sekali, tp ini biasanya yg perempuan ya. Kalo laki2 sih biasanya antusias sekali ingin mendapatkan kesempatan ke lokasi2 project yg dia kerjakan.

      • oceanoblogi Says:

        Terima kasih atas tambahan sharing nya bang,

        Emang banyak sekali hal2 dan anggapan yang ditakutkan seperti itu, hanya saja kita belum banyak tahu. Biasanya masalah waktu kerja, gender, dan lain2. Dengan sharingnya, kita jadi mengerti. Terima kasih :)

  31. Dimas Alif Yunas Says:

    SIP deh KL. .
    makin mantap. .

  32. arga Says:

    alhamdulilah q dterima T. kelautan ITS. kira2 lulusny lama g ya? tz masa tenggangny lama g ya?

    • faisaldwiyana Says:

      kalo itu mah tergantung menjalaninya mas,
      kalo rajin dan lancar2 aja pasti tepat waktu, bahkan lebih cepet,

      soal tenggang nya juga sama, tergantung prestasi dan usaha buat nyari2 nya gimana..

  33. joni Says:

    Saya baru aja diterima di teknik kelautan ITB mas, jujur agak putus asa dan pasrah juga, karena niatan awal mau masuk sipil, tapi saya coba liat sisi baiknya, dan mulai cari-cari informasi yang lebih dalam tentang apa itu TEKNIK KELAUTAN.
    Nah yang pgn saya tanyakan adalah :
    1. Apa yang membuat teknik kelautan bisa dipandang LEBIH daripada teknik-teknik lainnya, sipil pada khususnya ?
    2. Contoh KONKRET pekerjaan yang biasanya didapat itu apa ya? Contoh aja klo di bidang migas, saya jadi apa dan ngapain aja ? contoh klo di pelabuhan saya jadi apa dan ngapain aja ?
    3. Katanya ada lulusan KL yang bisa kerja kantoran, nah itu di bidang apa dan ngapain aja ya ?
    4. Temen-temen kak faisal sendiri ada yang bener-bener diterima di migas atau paling ga dapet prospek karir pekerjaan yang cukup cerah ?klo ada saya pgn diceritain biar tambah semangat hehe :D
    5. Oh iya di KL ada subjur2 nya ga ya ?kyk di sipil kan ada geoteknik, struktur, transportasi, dll.nah klo ada mana yg paling diminati dan mana yg paling punya peluang kerja ?
    sekarang ini jujur saya lagi stres bgt ga dapet, karena ekspektasi saya dulu masuk itb supaya bisa dapet sipil, tpi saya gamau nyerah dan berusaha untuk mencintai prodi ini.
    makasih ya sebelumnya :)

    • faisaldwiyana Says:

      hmm, joni, wah, saya salut sekali kamu nanya dan antusias gini walaupun kamu cukup kecewa,
      tapi gpp, coba dibaca aja posting dan komentar2 diatas, mungkin bisa dapat jawabannya,

      kalo masih belum puas, nanti maen aja kerumah, janjian, nanti saya ajak temen2 saya juga, gimana?
      oke?

    • Dadang KL'99 Says:

      Teknik Sipil & Teknik Kelautan sma bagusnya! Basic ilmu Teknik Kelautan & Sipil pun mirip banget, krn berasal dari induk yg sama. Terlalu banyak kelebihan Teknik Kelautan sehingga sulit disebutkan satu per satu. Banyak sekali alumni KL yg bs sukses dalam karirnya & ngga kalah dg kawan2 dr SI, atau alumni jurusan favorit lainnya di ITB. Jd jangan takut, km bs sangat sukses dg kuliah di Teknik Kelautan. Yg paling penting itu motivasi & niat yg kuat utk sukses berkarir di bidang Teknik Kelautan. Kl km kuliah dg sungguh2 & mampu bersosialisasi dg baik dg dosen, kawan2 & alumni KL, maka insyaallah jalan karirmu akan sangat mudah.

  34. afrizal ramadhan Says:

    assalamualikum.. wah keren nih blog nya

    hmm… dari komen2 di atas jadi sangat menarik untuk ikut nimbrung, kenalin aku smester akhir di teknik kelautan ITS.
    kalau menurut saya ke dua-duanya entah its maupun itb sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing2..yang pasti kesemuanya tidak rugi untuk di pilih, walaupun selalu jadi pilihan ke 2 kalau spmb..hehe. tapi setelah menjalaninya jadi tahu kalo teknik kelautan memiliki prospek yang masih belum banyak di eksplore.luar biasa. setuju jga komen2 di atas..

    saran saya dalam memilih segala macam jurusan entah its ataupun itb, semua bergantung dari orang masing2. kata orang jadilah sebuah berlian dimanapun kita berada. jadi lama tidak nya masa studi bergantung dari tiap individunya,,

    dulu di its memang masa kuliah di jurusan ini lebih lama rata2 4.5 hingga 5 tahun tapi sekarang hanya 4 tahun saja, ada juga yang 3.5 tahun loh… ku yakin yang ketrima di ke 2 univ tersebut jago2..hehe

  35. radit Says:

    q ni baru masuk jurus an teknik kelautan ITS baru amaba tahun ini…..
    saya blum tau gmana tu pa yang di pelajari tentang jurusan teknik kelautan tolong di ajari dan di beri bimbingan nya….
    makasih

  36. hilman Says:

    ka faisal sebelumnya maaf saya anak sma sendiri di comment ini. saya kepingin banget masuk KL karena prospek kerjanya menjamin dan saya juga senang dengan Oceanography. pas saya tahu Teknik kelautan berhubungan erat dengan Teknik Sipil, saya langsung down ka. karena saya ga bisa menggambar. apakah saya teruskan niat dan cita-cita saya? apa cari program lain yang sesuai dengan kemampuan saya? minta sarannya ya ka. terima kasih.

    • faisaldwiyana Says:

      hmm, good question.apakah perlu skill menggambar?
      nah, sekarang maksud hilman menggambar tu yang seperti apa?
      apakah butuh sense seni seperti di arsitektur?
      tentu jawabnya tidak, tapi gambar di teknik kelautan adalah gambar struktur, yang semuanya tergantung perhitungan, dan untuk proyek tingkat lanjut, sudah digunakan software walaupun pada dasarnya kita masih menggambar manual sebagai dasar.

      saran saya, kalau sudah punya cita2, mestinya akan dikejar sesuai apa yg diinginkan. benturan2 dan hambatan itu pasti ada, selalu ada bagian yg kurang suka. tapi yang terpenting adalah usaha dari kita mengejar cita2 kita. oke?

      saya tunggu di teknik kelautan!

      • hilman Says:

        iya ka bayangan saya tuh seperti yang kaka maksud. oh gitu ya, terima kasih ya ka atas sarannya. saran kaka bermanfaat bgt buat saya hehe. ga ada keraguan lagi buat saya untuk mengambil teknik kelautan.

        doakan saya ya ka tahun 2011 nanti saya lulus dan keterima di FTSL ITB Teknik Kelautan! amin
        oiya ka faisal ada FB? blh minta accountnya?

  37. arnis Says:

    halo, kak faisal. saya tertarik dgn jurusan KL, tp saya masih punya banyak pertanyaan. kk ada Y!M atau FB mungkin?

  38. andrian Says:

    Permisi pak faisal,
    Kami butuh tenaga ahli oceanagraphy segera dan bersertifikat (jika ada).kirimkan cv & ijazah lengkap pelamar ke ptmadya.co.I’d
    Terima kasih atas bantuannya

  39. masukitb Says:

    Halo,

    Salam kenal. Kami suka dengan tema tulisan kamu tentang pengalaman kamu di ITB.

    Begini, LPM ITB sedang membuat situs antarmuka untuk menjembatani mahasiswa- alumni ITB, dengan siswa SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat ke ITB, untuk bisa bertukar informasi. Tujuannya, adalah untuk mengurangi kasus “salah pilih jurusan” sebelum memutuskan masuk ke ITB, juga membuat siswa SMU mengenal lebih dekat kehidupan mahasiswa ITB, dengan harapan, mereka bisa mengoptimalkan waktu belajarnya di kampus.

    Kami berusaha untuk mengurangi bias informasi seputar jurusan di ITB, bagi siswa SMU, sehingga mereka punya spektrum yang luas dan berimbang seputar disiplin jurusan, bahkan aktivitas mahasiswa ITB.

    Kalau Kamu bersedia, silakan berkunjung, berdiskusi, berbagi, dan jangan lupa untuk menjawab keingintahuan siswa- siswa SMU dari seluruh Indonesia, tentang ITB.

    Oh iya, tulisan ini juga bisa lho, kalau mau diposting .

    Regards,

    Layanan Produksi Multimedia ITB
    http://www.masukitb.com
    http://multimedia.itb.ac.id

  40. yoga pm Says:

    Ikut nimbrung ni…

    Aku maba di salah satu fakultas yang ada hubungannya sama kelautan lo….Tepatnya di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)-ITS.
    Awalnya sih gak begitu tertarik sama dunia kelautan… Tapi, pas ada kunjungan dari tempat bimbelku ke FTK ITS, jadi ada motivasi buat msuk Tknik Kelautan. Menjelang akhir April 2010, PPNS buka pendaftaran PMDK. Nyoba daftar , en akhirnya diterima tepatnya di jurusan teknik permesinan kapal. Akhirnya walaupun gak jadi masuk FTK, sudah bisa masuk PPNS buat saya sama saja. Karena sama-sama mengarah pada teknologi kelautan

  41. sarwani Says:

    saya jamin teknik kelautan itu sangat berprospek, peluang ke depannya nanti cerah, optimis!!

  42. ardi07 Says:

    maju terus KL ITB… gw baca postingannya dari atas keren bgt. Kalo ada yg nanya tentang ITB, gw ga ragu buat nyaranin masuk KL.

    *Dari teknik geofisika ITB

  43. manan Says:

    saya peminat TKL.
    kalau bole tau, passing grade TKL ITB brapa ?

  44. fadli Says:

    bang kalo kita masuk KL mesti tinggi ga bang? ga pedenih :(

  45. zabrina Says:

    hia.. aku zabrina..udh lama kepincut ama tek. kelautan.. tau2 dapat jurusannya di unhas jd sekedar info aja ni.. kalo di indonesia, tek. kelautan udh ada di 3 PTN!! viva teknik kelautan!!

  46. faaruq Says:

    mantap ni, jadi minat TKelautan ITB kak, insyaallah nyoba TKelautan, saya masih sma kelas 12

  47. Robert Says:

    kak Faisal mo nanya nih…
    ada ga perbedaan Jurusan Teknik kelautan ITB dan jurusan Ilmu dan Teknologi kelautan di IPB…
    tolong ya informasinya

  48. Theissen Khadafi Says:

    “JALASVEVA JAYAMAHE”
    salam kenal ya saya theissen dari ilmu kelautan unpad,posting dan koment”nya menarik untuk diikuti…keep on posting ok

  49. ERRY Says:

    Untuk teman2 yang tertarik dengan pengembangan sistem energi kelautan dapat juga di lihat di sini :
    http://studyofoceanenergytechnologies.blogspot.com/
    Mudah2an ada manfaatnya………..

  50. Adi Putra Saragih Says:

    Tuaan mana dan bagusan mana Teknik Kelautan ITB atau ITS?
    Thanks……

    • faisaldwiyana Says:

      tidak ada yang lebih bagus, karena menurut sepengetahuan saya,
      scope / lingkup yang dipelajari dan tujuan masing-masing sangat berbeda..
      yang penting adalah pendalaman scope masing2.. :)

  51. sudiyanto Says:

    Sebenarnya untuk menjawab bagusan mana itu, hanya user lah yang bisa menjawab. Tugas adik adik hanya belajar dan mencoba mengembangkan diri agar dapat setara bahkan melebihi profesional yang lain.

  52. sangga Says:

    Hi Faisal,

    Saya Sangga.. alumni T. Kelautan 2000, salam kenal. Blog nya bagus banget….Mantap.
    Semoga selalu bermanfaat buat Faisal dan banyak orang ya..

  53. Dadang Purwanto Says:

    Hi Faisal…

    Sy jg alumni Teknik Kelautan ITB (KL ITB).. Lulus tahun 2006. Skrg bekerja di Norway, sama kyk kak Sangga, cuma kt beda kota aja. KL ITB tergolong jurusan baru di ITB, alumninya jg tidak sebanyak alumni2 jurusan lain di ITB. Alumni pertama aja angkatan baru masuk tahun 94. Tp walaupun msh terhitung baru, alumni KL ITB sudah banyak sekali yg bekerja di luar negeri, apalagi di dalam negri ya! Di Norway saja, dimana sy skrg berkarir, dimana Teknologi Kelautan sangat berkembang disini, alumni KL ITB hampir 20 orang jumlahnya, itupun karena sebagian sudah kembali ke tanah air. Itu menunjukkan alumni KL ITB puya kualitas & mampu bersaing di dunia internasional.

    Kebanyakan dari alumni KL ITB bekerja di bidang konstruksi bangunan lepas pantai untuk explorasi minyak dan gas bumi (engineering & construction utk offshore platforms, pipelines, flexibles, dll). Sebagian lagi bekerja di bidang design engineering & construction utk reklamasi pantai dan pelabuhan. Banyak jg yg bekerja sebagai engineer di perusahaan2 minyak (Total E&P, Chevron, BP, Pertamina, dll). Bahkan banyak jg yg berprofesi sebagai pegawai negri di departmen pemerintahan seperti Pekerjaan Umum (PU), Departemen Kelautan dan Perikanan, Pelabuhan Indonesia ataupun di Departemen Perumahan Rakyat (mohon maaf utk bidang pekerjaan atau perusahaan yg tidak sempat saya sebutkan). Semuanya bekerja dengan bidang keahlian masing2 sebagai hasil dari pengembangan basis keilmuan yg mereka dapatkan dari KL ITB.

    Perlu saya tekankan disini bahwa Teknik Kelautan ITB, merupakan pengembangan dari Teknik Sipil ITB, mempelajari kondisi fisik pantai dan lepas pantai kemudian meramu & mengembangkannya untuk kepentingan pembangunan konstruksi bangunan pantai (onshore) dan lepas (offshore). Banyak sekali pekerjaan & bidang keahlian yg berkaitan disini, karenanya jangan heran jika banyak sekali macam profesi yg digeluti oleh alumni Teknik Kelautan ITB.

    Offshore Pipelines Engineering, bidang yg saya geluti sekarang, hanyalah sebagian bidang keilmuan yg kt dapatkan di KL ITB, jd ngga bener kalo KL ITB tidak mempelajari offshore pipeline engineering. Justru skrg ini buanyak sekali alumni KL ITB yg bekerja Pipeline Engineer di perusahaan2 yg bergerak dibidang Oil & Gas.

    Itu saja, sukses slalu Faisal dengan kuliahnya di KL ITB, sukses selalu Teknik Kelautan!!

    Salam,

    Dadang Purwanto

    • faisaldwiyana Says:

      Selamat datang seniro,,

      Terima kasih atas sharing langsung dari yang sudah berpengalaman..
      Mudah2an KL semakin berkembang kedepannya, ditunggu share langsung dan main kekampus kalau pulang ke Indo :D

      Salam hangat,

  54. Suyudi Akbari Habibi Says:

    Kak saya mau bertanya …
    Saya minat ke Teknik Kelautan
    Tapi apakah ada persyaratan kondisi fisik tertentu ?
    Masalahnya mata saya itu Minus ,,, nah karena TK berhubungannya dengan air otomatis kita harus terjun ke air nantinya
    Kendalanya kalo matanya minus kan susah mau langsung terjun ke airnya ???
    Apakah diperbolehkan jika matanya minus ?
    Terimakasih ka …
    Tolong jawabannya ka ,,,

    • Irfan B Says:

      @Suyudi:
      Berhubung Faisal blm sempet bales, saya mohon ijin untuk bantu reply disini ya…
      Saya Irfan, alumni KL 99. Setahu saya dulu waktu masuk yg ada adalah tes Buta Warna, untuk jurusan tertentu seperti KL ada persyaratan tidak boleh buta warna.
      Untuk minus, setahu saya ga apa2, karena bbrp teman saya jg pakai kacamata n sekarang jd engineer yg hebat2.

      @Faisal:
      Blognya bagus dan sangat bermanfaat buat sharing info soal KL ITB maupun ilmu teknik kelautan pada umumnya…
      Mudah2an blognya bisa jalan terus dan semakin bagus ya, moga2 kamu jg makin sukses belajarnya

      • oceanoblogi Says:

        wahh, ternyata ada komentar kelewat, padahal hampir tiap hari online, maaf Suyudi, dan terima kasih untuk balasannya kak Irfan B :)

        saya coba nambahin ya, buat Suyudi, di Teknik Kelautan ITB, berdasarkan pengalaman teman seangkatan saya, gak ada sama sekali syarat itu, entah mungkin jamannya kak Irfan dulu di tahun tsb.
        sekedar info, memang setiap mahasiswa baru ITB, wajib melampirkan hasil tes buta warna, tidak terkecuali fakultas manapun, karena maba ITB masuk fakultas, bukan jurusan.

        nah, ada teman saya yang terdeteksi buta warna parsial, dan dia masih bisa melanjutkan pendidikan di ITB, asalkan dia yang masuk FTSL, harus memilih program studi Teknik Sipil atau Teknik Kelautan, dan dia gak boleh masuk Teknik Lingkungan, karena disana tidak memungkinkan. Nah akhirnya teman saya itu masuk Teknik Kelautan dan bentar lagi lulus, cepet, dan tidak terganggu sama sekali dengan masalah buta warnanya itu :)

        Soal minus, tidak ada hubungannya dengan nyebur ke air, sama kayak pertanyaan mahasiswa KL ITB harus bisa berenang, hehe :D Disini banyak yg minusnya gede2 malah IP nya paling tinggi, dan paling sukses :D

        Sekian Suyudi ( panjang amat balesannya hehe )

        @kak Irfan
        makasih kak, mudah2an blog ini bisa membantu mahasiswa maupun calon mahasiswa Teknik Kelautan di seluruh Indonesia. terima kasih juga sharing ilmunya :D

  55. Arman Says:

    Mas, tolong tanyain ke TU-nya dong berapa biaya S2 Teknik Kelautan di ITB atau paling tidak nomer kontak yang bisa ditanyakan untuk mendapatkan info itu. Saya udah googling dan surfing tapi gak ketemu2 juga. Thx ya…

  56. iqra ramadhan Says:

    hai kk, sya baru lulus tahun ini di teknik kelautan UNHAS. bboleh tx, mna yg bagus teknik kelautan atau teknik pertambangan

  57. frengky sihombing Says:

    Saya baru masuk ilmu kelautan unsrat saya mau tanya di semester awal apa aja yg di pelajari.
    jwbannya di tunggu

  58. aul Says:

    salam semua, saya FTSL ITB ’12, niat bener ingin masuk KL
    saya mau nanya nih
    dari yang saya tangkap dari bacaan diatas, terdapat 3 pembagian dalam teknik kelautan ini
    1. off shore engineering (lepas pantai)
    2. coastal engineering(di pantai CMIIW)
    3 pipeline engineering
    saya mau nanya untuk yg pipeline itu hal apa yg secara spesifik dibahas disana?
    dari namanya bisa ditranslasikan itu pipa dasar laut, apa ga jauh beda sama off shore eng?
    sama terakhir saya mau nanya apakah sarjana s1 sudah ber prospek cerah apa harus mendalami lebih jauh tnetnag KL dengan S2??
    makasih banyak ya, semoga sukses selalu!!

  59. Imam Says:

    teknik kelautan itu = oceaneering bukan ya? di lingkungan ane kerja rata2 engineernya (dari technip & baker hughes) lulusan sipil. cmiiw ^^

    • Anto Alumni KL ITB Says:

      sampean kerja di technip mana bos?? :D… di technip jkt, malaysia, bahkan di technip eropah sekalipun alumni teknik kelautan banyak & exist kok! di seluruh benua, skrg ada alumni t. kelautan dr ITB & ITS. alumni t. kelautan banyak kerja di kontraktor2 offshore: saipem, technip, subsea7, jpkenny, mcdermott, dll (cape kl disebutkan satu persatu krn bayak sekali), dan jg di perusahaan2 minyak.. coba baca lagi deh mengenai profil t. kelautan & check lg bidang kerjaannya bakes huges. kynya ngga terlalu nyambung, makanya alumni kelautan jarang yg tertarik masuk situ :)

  60. lelouch Says:

    kak saya tertarik dengan teknik kelautan,mw nanya nih,apakah jika buta warna parsial jadi masalah saat nanti mencari pekerjaan di bidang2 t. kelautan?

  61. lelouch Says:

    jadi kak saat lulus dan mencari pekerjaan,lulusan teknik kelautan (pekerjaan di bidang sperti offshore structure,coastal,pipelineengineering )tidak dipersoalkan oleh perusahaan jika buta warna parsial???

    • oceanoblogi Says:

      saya belum lulus dan belum pernah mencari pekerjaan, tapi dari diskusi, obrolan, dan sepengatahuan saya memang belum pernah dijumpai masalah buta parsial. yang penting optimis saja, dan kuasai secara dalam bidang yang disukai, hambatan buta warna pasti tidak mengganggu.

  62. Malik Says:

    kak saya malik FTSL ITB 2012, berminat masuk KL, apakah IPK kecil juga bakal besar kemungkinan kerja di norwey ? aku pengen kerja disna. .

    • oceanoblogi Says:

      lho? baru masuk ITB, kok udah pesimis dan ngerasa bakal dapet IPK kecil? semangat bro! silahkan belajar keras dan meng-explore bidang yang kamu sukai, peluang dan rezeki ada di depan mata

  63. yoyok Says:

    kak saya mau tanya. Saya siswa kelas 12 IPA dan saya menderita buta warna parsial. Berkat buta warna parsial itu, saya jadi kebingungan untuk memutuskan ngambil jurusan teknik, karena saya memang minatnya di teknik, terutama teknik kelautan. Kalo boleh tau teknik kelautan ITB mengharuskan tidak buta warna atau bagaimana? Di ITB jurusan mana saja yang sekiranya tidak mensyaratkan harus bebas buta warna?

    • oceanoblogi Says:

      fyi, Teknik Kelautan ITB tidak mensyaratkan mahasiswanya untuk bebas buta warna parsial. sejauh ini saya lihat teman2 saya yang mempunyai buta warna parsial juga tidak mengalami masalah dalam mengikuti kuliah, praktikum, dll.

      untuk ITB, banyak jurusan yang mensyaratkan bebas buta warna, karena memang sulit apabila mempunyai buta warna parsial. contohnya : kimia, teknik lingkungan, teknik geologi, biologi, dll saya tidak hafal satu persatu :D

      saran saya, buta warna parsial bukan halangan. asalkan jago di bidangnya, pasti bisa bersaing dengan yang lain.

  64. Novita Says:

    Kak, boleh tanya? Yang di pelajari di FTSL ITB itu apa aja? Disana mahasiswa perempuannya banyak nggak?
    Makasih :)

    • oceanoblogi Says:

      FTSL bidangnya luas, ada 3 jurusan disana, Teknik Kelautan, Teknik Lingkungan, dan Teknik Sipil. silahkan dicari saja masing2 :) . untuk Teknik Kelautan, silahkan dibaca2 saja blog ini :D

      soal cewek, di FTSL termasuk banyak cewek, kebanyakan pengen masuk Teknik Lingkungan. untuk Teknik Kelautan dan Teknik Sipil, masih mayoritas cowok. tapi gak masalah, gak ada halangan untuk cewek di semua jurusan.

  65. haedar Says:

    kak mau tanya nih.. Kalo udah masuk FTSL, nanti pas penjurusanya gimana? Kita yg milih sendiri ato berdasarkan IPK ato gimana? Trus aku pingin masuk di tek.kelautan, ntar kira2 peluangnya gimana? Mohon bantuanya kak :)

    • oceanoblogi Says:

      penjurusan di ITB berdasarkan 2 faktor, minat dan IPK. tetap minat yang didahulukan. agar keinginan sesuai dengan minat, disarankan belajar keras, biar bisa memilih manapun yang disukai. selamat berjuang! :)

  66. anonim Says:

    kak, lulusan kl itb kebanyakan kerja di mana? jadi apa?
    kalau mau lanjut ke s2 gimana?

    • oceanoblogi Says:

      wah kalo ditanya kerja banyak banget bidangnya, walaupun Teknik Kelautan itu bidangnya spesifik. saya ceritakan generalnya saja, kebanyakan pada kerja di perusahaan migas, konstruksi, konsultan, dan ada juga yang di perhubungan ( pelindo )

      kalau kesempatan S2 makin banyak lagi. alumni KL ( termasuk dosen ) kebanyakan lulusan Amerika dan Jepang. disana program master dan doktor banyak sekali untuk ocean engineering. tapi sekarang lagi hot juga yang tujuan eropa, biasanya belanda dan norwegia. banyak sekali.

  67. anonim Says:

    bidang konstruksi itu apakah kita membuat :
    1. semacam hotel, mall, dst.
    2. jembatan, pelabuhan, dll.
    3. tempat untuk pengilangan minyak dst.
    atau bisa semuanya?

    • oceanoblogi Says:

      semuanya bidang konstruksi, tapi khusus untuk Teknik Kelautan, ya membangun bangunan yang spesifik di laut atau pantai, seperti pelabuhan, anjungan lepas pantai, pipa bawah laut, dll

  68. EDO NOVALDI ALMAUT (@edonovaldi) Says:

    selamat sore mas, maaf ane numpang nanya. saya lulusan teknik sipil dari kalimantan tertarik banget pingin nerusin s2 di kelautan itb. mohon info nya dong :3

    • oceanoblogi Says:

      pendaftaran S2 di Teknik Kelautan ITB ada tiap 6 bulan, atau tiap semester..stay tune aja di situsnya di ocean.itb.ac.id , biasanya pengumuman ada disitu. kalau nggak, coba kontak sekolah pascasarjana itb. :)

  69. Rheasthy Says:

    Apakah lulusan S1 Ilmu Kelautan bisa mengambil S2 Teknik Kelautan???

    • oceanoblogi Says:

      sejauh yang saya tahu, S2 di Teknik Kelautan ITB banyak yang berasal program studi S1 diluar, seperti Teknik Sipil, dll. Asalkan lulus tes yang diadakan, semestinya bisa. Silahkan kontak lebih lanjut di sps.itb.ac.id :)

  70. Toto Says:

    Wah,, ada blog tentang teknik kelautan gini. Mantap.

    Salam,
    Toto, KL05

    • oceanoblogi Says:

      salam kk seniro,,terima kasih sudah mampir, mudah2kan blog ini mencerahkan,, silahkan bantu2 menambahkan kk kalo ada informasi yang kurang dari jawaban pertanyaan2 :)

  71. Toto Says:

    Mungkin mau menambahkan aj, karena sekarang saya bekerja di bidang onshore/coastal. saya pikir konsultan bisa terbagi 2. Konsultan desain dan konsultan supervisi (pengawasan).

  72. raito Says:

    kak, masih bingung nih ambil sipil/ kelautan,dikit nanya nih, kalo kelautan nantinya dalam perkuliahannya apa kebanyakan menggunakan program2 komputer? soalnya saya kurang tertarik kalo terus2an hanya berkutat dengan program komputer

  73. fani Says:

    untuk masuk ilmu dan teknologi kelautan apakah harus bisa bahasa inggris ?

    • oceanoblogi Says:

      hehe harus sih tidak, tapi ya lebih baik membiasakan diri menggunakan bahasa inggris, karena untuk semua bidang kuliah jg bacaan dan referensi sebagian besar berbahasa inggris :)

  74. Mega Bayu Suryantoko Says:

    masih bingung bedanya (teknik kelautan) sama (ilmu perikanan dan kelautan) apa?

  75. aziziismail Says:

    Sangat tertarik untuk melanjutkan S2 ke Teknik Kelautan ITB, tapi masalahnya kira2 bisa mengikuti mata kuliahnya gak ya. Soalnya basic saya Budidaya Perikanan. Sedangkan Teknik Kelautan itu basicnya FTSL.

    • oceanoblogi Says:

      Seharusnya tidak ada yang tidak mungkin, asalkan niat kuat disertai kemauan untuk belajar yang tinggi. disini setahu saya yang mengambil S2 jurusan lain juga banyak. Jangan ragu untuk mendaftar, tetap sukses! :)

  76. cahyo Says:

    kk mendapatkan ilmu hanya dari dunia maya atau dari sebuah penerbit buku??

    • oceanoblogi Says:

      ilmu tidak hanya terbatas dari 2 itu, tapi bisa juga dari kuliah formal, kuliah umum, menulis seperti ini, bahkan bisa juga ilmu banyak didapat dari mengobrol dari yang ahli. di tempat saya sering mengadakan kuliah umum yang mengisi adalah alumni2 yang sudah berpengalaman dan menjadi pakar di bidang masing2. sering juga ada alumni yang maen ke kampus, saya buru dengan berbagai pertanyaan. begitulah cara mendapatkan ilmu, masih banyak lagi.

  77. anonim Says:

    mohon pencerahannya :
    apa bedanya offshore engineering, subsea engineering, ocean engineering, dan marine engineering?

    • oceanoblogi Says:

      itu hanya masalah pendefinisiannya aja, saya coba jelaskan secara umum sepengetahuan saya.

      offshore eng: membahas keteknikan lepas pantai secara luas, tidak hanya struktur, mechanical, elektrikal, dll
      subsea eng: membahas keteknikan di daerah subsea, yaitu permukaan dasar laut, aplikasinya juga banyak dan melibatkan berbagai disiplin keilmuan
      ocean eng: ini lebih luas daripada offshore eng, karena membahas lepas pantai, pantai, dll
      marine eng: membahas keteknikan dibidang kemaritiman, lebih kepada perkapalan kira2

      seperti itulah, batasnya memang seringkali membingungkan, tetapi mudah dipahami asalkan banyak membaca

  78. nadia Says:

    kaka :3 mau tanya dong.. aku masih kelas 12 ipa.. tapi pengen banget ke teknik kelautan.. menyesal nya itu aku dari awal ga punya sertifikat juara .. jadi itu nambah gak kepedean ku :( dan mau tanya apa aja yg harus di pelajari jika ingin masuk teknik kelautan? makasih kaka :3

    • oceanoblogi Says:

      wah, sekarang saya yg jadi bingung kenapa harus punya sertifikat juara,,sebelum saya masuk teknik kelautan saya juga gak punya sertifikat apa2 tuh :D kalo mau masuk ya ikuti seleksi dulu buat masuk fakultas teknik sipil dan lingkungan disini, setelah itu tingkat 2 baru penjurusan ke teknik kelautan. semoga sukses :)

  79. Dody falindera Says:

    gan saya mau tanya kan IPB juga ilmu dan teknologi kelautan ? apa beda nya ama ITB dan ITS ya ?
    tolong jelasin ya gan :)

  80. nadia Says:

    aamiin.. terimakasih kaka atas penjelasanya ^^

  81. jakson jaya Says:

    Infonya sangat Bagus bagi saya

  82. Oky Pratama Says:

    gan kalau ocean engineering naval architecture trus naval engineering beda nya apa ya?kan kalau di its itu masuk satu fakultas ftk its


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: